tentang tempe


�Tempe



Selamat malam Bung dan Sis. Kali ini catatan garuda akan mebahas tentang tempe. Ya, tempe adalah makanan asli Indonesia yang diwariskan oleh nenek moyang kita berabad-abad lalu. Sampai sekarangpun kita masih mengkonsumsi tempe. Namun apakah kita tahu lebih dalam tentang tempe? Sebelum Bung dan Sis masak dan makan tempe alangkah baiknya jika Bung dan Sis membaca sedikit ulasan catatan garuda tentang tempe berikut ini.

Tempe adalah suatu produk olahan bahan makanan yang dihasilkan dari fermentasi kacang-kacangan mengguanakan bantuan mikroba jenis fungi, yakni rhizopus oligosporous.
Pembuatan kacang kedelai menjadi tempe dapat memberikan nilai lebih. Selama proses fermentasi kacang hijau menjadi tempe, terjadi produksi enzim fitase oleh rhizopus oligosporous. Enzim fitase ini berfungsi memecah fitat yang merugikan, yaitu fitat mengikat beberapa mineral sehingga tidak dapat dimanfaatkan secara optimal dalm tubuh. Selain itu kandungan tempe yang paling popular adalah protein. protein dalam tempe jumlahnya lebih tinggi dibanding protein dari produk hewani. Protein sendiri merupakan salah satu sumber energiyang diperlukan tubuh selain dari karbohidrat. Protein termasuk zat peertumbuhan dimana protein dibutuhkan untuk pertumbuhan beberapa sel dalam tubuh diantaranya adalah sel otot.
Namun perlu diketahui, selama proses fermentasi jenis-jenis mikroba lain mungkin turut tercampur, tetapi tidak menunjukan aktifitas yang nyata. Fermentasi kapang hanya berlangsung aktif kurang lebih satu hari setelahnya membentuk spora-spora yang tampak seperti kapasputih kehitaman. Pada saat itu, kesempatan pertumbuhan dilakukan oleh mikroorganisme jenis lain. Sehingga tempe harus segera dimasak sebelum pembusukan terjadi.
Jadi Bung dan Sis, sudah jelaskan? manfaat dari tempe yang kita konsumsi selama ini. Namun juga perlu kita ketahui bahwa tempe tidak dapat disimpan dalam waktu yang lama karena akan terjadi pembusukan yang akan merubah kandungan dan cita rasa dari tempe itu sendiri.
sekian ulasan garuda tentang untuk kali ini. Nantikan ulasan garuda pada berbagai tema tentang kekayaan yang dimiliki ibu pertiwi kita ini.

Dari catatan garuda SALAM SATU NUSA SATU BANGSA!!!





Comments

Popular posts from this blog

Faktor yang Mempengaruhi Pembuatan Tempe

Tahu Makanan Tradisional Indonesia

tempe kacang hijau